Tag

, , , , , , , , , ,

Anggrek berada di wilayah yang beriklim sedang dan cocok untuk tanamannya, umumnya hidup menumpang di atas tanaman lainnya yang lebih besar. Serta sebagai cara beradaptasi guna menghadapi musim dingin. Bagian yang menonjol tebal serta “berdaging” membuat tanaman tersebut tahan terhadap tekanan atas tersedianya air.

1. Pembibitan
Untuk pembibitan Anda bisa membudidayakan Anggrek secara vegetatif ataupun generatif. Guna perbanyakan secara vegetatif semisal lewat pemecahan maupun secara pemisahan rumpun yakni seperti Dendrobium sp dan Oncidium sp.

Dan kalau perbanyakan secara generatif takni memakai biji amatlah susah guna dikerjakan sebab memerlukan jamur yang dapat bersimbiosis memakai biji tersebut.

2. Persiapan Lahan & Media Tanam
Tahap ini bisa Anda lakukan dengan menanam tumbuhan Anggrek di sekeliling rumah Anda, terpenting Anda mengberi area tempat yang rindang ataupun tak terkena cahaya matahari langsung. Dianjurkan guna penanamannya di dalam area Green House sebab Anggrek bisa berbunga dengan lebih indah, jadi makin mahal pula harga penjualannya.

Guna ruangan tempat menanamannya ataupun media tanamnya, wajib mempunyai aerasi yang cukup baik dan bersih dari penyakit, serta pastinya mempunyai angka keasaman tanah/pH yang normal atau stabil. PH paling cocok guna ditanami tanaman Anggrek ialah kira-kira 5 sampai 6, kalau agak asam kerjakan pengapuran guna meningkatkan pH tanah, Anda bisa memakai dolomite guna metode pada pengapuran ini.

Tidak lupa juga untuk mengatur sistim perairan, jadi tumbuhan Anggrek tak dapat kebanjiran serta pula kekeringan.

# Baca juga artikel berikut ini Mengupas Tuntas Cara Budidaya Tanaman Air (Aquascape) Secara Benar & Praktis!

3. Pemeliharaan & Perawatan Anggrek
Wajib Anda lakukan sanitasi lahan dengan rutin serta memangkas lalu buang bagian tumbuhan yang nampak tidak sehat maupun terserang penyakit. Hal semacam ini dikerjakan guna mencegah terjadinya jangkitan penyakit menyebar luas dan berkelanjutan.

Namun kalau tidak lumayan parah, segera mungkin jauhkan pemakaian dari bahan kimia semisal pestisida kimiawi. Sebab memakaiannya bisa mengacaukan keadaan tanah yang dijadikan media tanam tanaman anggrek Anda.

Kerjakan pula penjarangan, penyiangan, serta penyulaman tanaman Anda. Selanjutnya, kerjakan tahap pemupukan memakai unsur C, H, K, O, S, N, P, Ca, serta Mg. Untuk perbandingannya, jumlah pemupukan NPK ialah 3 : 3 : 3 supaya tumbuhan bisa lebih tumbuh dengan pesat serta berkembang biak. Kalau telah memasuki fase berbunga, beri asupan pupuk tadi dengan memakai perbandingan yaitu 1 : 6 : 1.

Iklan