Tag

, , , , , , , , , , , ,

Hidroponik ialah budidaya tanaman dengan cara memanfaatkan air sebagai media tanam tanpa memakai tanah serta menekankan pada pemenuhan keperluan nutrisi untuk tanaman. Keperluan air pada hidroponik cukup sedikit dibandingkan keperluan air pada budidaya tanaman menggunakan media tanah. Budidaya hidroponik cukup efisien, dan cocok digunakan pada wilayah yang mempunyai ketersediaan air yang melimpah.

# Baca juga artikel menarik berikut Polybag,Media Tanam Terpraktis

Sebelum beranjak ke tahap budidaya, berikut sedikit kami infokan daftar tanaman yang bisa ditanam menggunakan metode hidroponik, antara lain :

– Tanaman kangkung
– Tanaman sawi
– Tanaman bayam
– Tanaman terong
– Tanaman bawang merah
– Tanaman lada
– Tanaman seledri
– Tanaman strawberry
– Tanaman bunga

Untuk tahapan budidayanya, mari kita simak langkah demi langkah berikut :

1. Penentuan Bibit
Langkah awal sebelum mengerjakan langkah penanaman pada hidroponik, kita perlu menentukan lebih dahulu bibit yang bermutu dan berkualitas, sebab kualitas bibit amat berpengaruh pada hasil hidroponik nantinya.

2. Penyemaian atau Pembibitan
Sesudah menentukan bibit yang dirasa cocok, kita mulai masuk ke langkah berikutnya yakni pembibitan atau penyemaian, langkah ini berguna untuk mengecek bibit yang benar bagus serta yang tak dapat berkembang secara optimal. Pada media penyemaian lebih baik gnakan media yang bisa menyerap air secara baik.
– Taburkan 1-2 benih di tiap lubang pada media persemaian
– Berikan sedikit air pada media persemaian
– Taruh di ruangan yang tak terkena oleh sinar matahari langsung serta tunggu hingga berkecambah
– Sesudah berkecambah pindah ke ruangan yang cukup lebih terang
– Beri air ke media persemaian serta tunggu sampai 14 hari 1-2 lalu daun tumbuh di pindahkan ke media tanam hidroponik

3. Persiapan Media Tanam
Anda bisa memakai wadah sebagai tempat perkembangbiakkan tanaman sesuai keperluan Anda baik pot, kaleng atau botol bekas yang penting beri lubang lebih dulu pada bagian bawah kalau belum ada selanjutnya isi menggunakan media yang Anda sediakan. Disarankan guna memakai media Arang Sekam serta Sabut Kelapa.

4. Penanaman
Pindah bibit yang sudah berusia 2 minggu serta tumbuh secara baik ke media tanam yang sudah disediakan sebelumnya secara perlahan dan hati-hati, serta jangan sampai merusak akar tanamannya.

5. Perawatan
Beri tambahan cairan nutrisi serta air secara berkala, pindahkan ke tempat/area yang terkena sinar matahari dan disarankan ketika pagi atau sore hari, serta rawat dan lindung tanaman dengan baik yang Anda bisa, agar hasil nanti tak mengecewakan.

Ingin tahu Kisaran Harga Polybag Murah untuk Agrobisnis, Kualitas Super dan KW?? klik disini

Iklan