Tag

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

presentation123Apa itu Plastik Ultraviolet / Plastik UV?

Plastik Ultraviolet / Plastik UV adalah plastik yang dilapisi oleh bahan kimia tertentu, sehingga dapat menahan sinar ultraviolet yang berlebihan tanpa merusak tanaman. Untuk kebutuhan jenis plastik yang umum diperdagangkan di Indonesia adalah jenis plastik UV 6%, 8%, dan 12%, dengan ketebalan sekitar 150-200 micron.

Angka-angka % tersebut menunjukkan banyaknya kandungan bahan kimia yang terkandung, semakin banyak bahan kimia yang ada, semakin besar pula kemampuan plastik uv untuk menahan sinar matahari.

Apa Fungsi Plastik UV?

Plastik UV berfungsi untuk melindungi dan menahan sinar UV (UV absorber dan HALS) secara cepat pada budidaya tanaman pertanian, plastik uv juga dapat menahan air hujan, angin, hama pertanian dan tumbuhnya rumput / gulma pada area yang dipasang plastik uv.

Bagaimana Cara Memasang Plastik UV (Membuat Gpresentation1reenhouse)?

Cara membuat greenhouse cukup mudah dan sederhana. Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang bisa Anda lakukan :

1. Menentukan ruang dan ukuran green house
Memilih lokasi setidaknya memperhatikan beberapa faktor, seperti luas lahan, bentuk topografi, iklim, serta ketersediaan sumber air. Setelah memperhatikan itu semua, maka selanjutnya Anda dapat memastikan ukuran dan arah bangunan sesuai dengan keinginan.

2. Membuat kerangka
Bentuk kerangka dapat disesuaikan dengan keinginan Anda, baik berbentuk menyerupai rumah maupun melengkung seperti jenis tunnel. Buatlah kerangka mulai dari bagian dinding, pintu sampai bagian atapnya. Setiap tiang utama kerangka dapat Anda beri dudukan beton agar lebih kuat. Gunakan paku, baut dan tali untuk mengikat antar bagiannya.

3. Menutup Kerangka
Setelah kerangka selesai dibentuk, kemudian tutup bagian atapnya dengan plastik UV. Kemudian tutup bagian dindingnya dengan paranet. Gunakan paku, baut dan tali lagi untuk mengikatnya. Pasanglah dengan benar dan dengan sangat hati-hati supaya hasilnya lebih rapi dan lebih kuat.

4. Tahap Finishing
Setelah greenhouse selesai dibuat / dibangun, tahap selanjutnya yaitu melakukan pengaturan di dalamnya. Pengaturan dapat disesuaikan dengan kegunaannya, Anda bisa membuat sekat-sekat ataupun membuat rak-rak kecil sebagai tempattum.

*Yuk! baca juga artikel menarik berikut Prospek Bisnis Sayuran Organik

 

 

Iklan